Sertifikasi Keahlian Bidang Teknologi Informasi untuk Kategori Software

Diposting oleh Noordianto Catur | | Posted On Rabu, 22 April 2015 at 05.22

Perkembangan TI saat ini serta semakin kompleksnya teknologi tidak memungkinkan bagi lembaga pendidikan untuk melakukan perubahan secara cepat. Kebutuhan tenaga kerja TI sering membutuhkan kompetensi yang lebih spesifik, seperti pengalaman terhadap penggunaan software tertentu yang diimplementasikan dalam perusahaan tersebut. Adanya standar kompetensi dibutuhkan untuk memudahkan bagi perusahaan atau institusi untuk menilai kemampuan (skill) calon pegawai atau pegawainya. Adanya inisiatif untuk membuat standar dan sertifikasi sangat dibutuhkan. Sertifikasi IT juga memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan, khususnya dalam pasar global karena kemampuan dan pengetahuan Profesional Teknologi Informasi dan Telekomunikasi telah diuji dan didokumentasikan.
Mengambil sebuah sertifikasi dapat memperoleh keuntungan tentunya untuk kita sendiri seperti membuka lebih banyak kesempatan pekerjaan untuk kita yang sudah mempunya sertifikasi. Selain membuka lapangan kerja baru, keuntungan lainya adalah menambah pengalaman kita yang tidak kita temukan di dalam pendidikan formal atau dalam kehidupa sehari-hari. Bahkan sertifikasi juga dapat membantu dalam meningkatkan posisi dan reputasi bagi yang sudah bekerja.

Sertifikasi Nasional


Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Sebagai organisasi tingkat nasional yang berkedudukan di wilayah Republik Indonesia.

LSP Telematika merupakan lembaga yang bersifat independen dan profesional di dalam membuat dan mengembangan standarisasi kompetensi kerja, melakukan Verifikasi terhadap tempat uji kompetensi yang berpedoman kepada ISO 17011, membuat materi uji kompetensi dan menerbitkan sertifikat kompetensi dengan menggunakan sistem yang berpedoman kepada ISO 17024, yang merupakan rujukan profesionalisme bagi industri di dalam dan di luar negeri.

LSP Telematika telah mengeluarkan 2 jenis sertifikasi yaitu:

·Certificate of Competence
Sertifikasi ini berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Certificate of Competence (Sertifikat Kompetensi) merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja.



Certificate of Attainment
Sertifkasi ini atas unit kompetensi yang jenjang jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar. Kedua jenis sertifikat tersebut diatas disusun berdasarkan SKKNI.

Sertifikasi Internasional


Sertifikasi international di bidang TI kategori software contohnya adalah sebagai berikut:

Java

Sun memberikan 3 jenis sertifikasi bagi programmer java yaitu Sun Certified Programmer, Sun Certified Developer, dan Sun Certified Architect. Setiap jenjang sertifikasi membutuhkan jenjang sebelumnya.

Sun Certified Programmer adalah sertifikasi paling dasar dari Sun untuk programmer Java. Untuk dapat menjadi seorang Certified Java Programmer, Anda harus lulus ujian Sun Certified Programmer for the Java 2 Platform 1.4. Ujian ini adalah pilihan ganda yang dirancang untuk menguji pemahaman sintaks dan struktur Java pada materi-materi berikut: Dasar-dasar bahasa Java, teknik dasar pemrograman berorientasi obyek, penggunaan threads, dan kemampuan menggunakan paket standar Java seperti java.awt, java.lang, java.io, dan java.util. Untuk mempersiapkan sertifikasi ini kursus yang dapat diikuti seperti Java Technology for Structured Programmers yang ditujukan bagi mereka yang memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman terstruktur, Java Programming Language for Non-Programmers yang dirancang untuk programmer yang tidak memiliki pengalaman melakukan pemrograman, dan Java Programming Language atau pengenalan Java untuk programmer yang berpengalaman dengan bahasa pemrograman lain.


Setelah mendapatkan Sun Certified Programmer kita baru akan bisa untuk dapat Sun Certified Developer. Kita harus menyelesaikan tugas pemrograman yang dirancang untuk menguji aplikasi keterampilan Java Anda dalam menghadapi persoalan dunia nyata. Untuk mempersiapkan sertifikasi ini kursus yang dapat diikuti seperti Object-Oriented Application Analysis and Design for Java Technology (UML).
Setelah mendapatkan kedua sertifikasi yang sudah dijelaskan diatas kita dapat mendapatkan Sun Certified Enterprise Architect for J2EE, ini merupakan sertifikasi premium dari Sun. sertifikasi ini sangat berfokus pada enterprise. Untuk mendapatkan sertifikasi ini kita harus lulus sebuah ujian pilihan untuk menguji pengetahuan seputar Java. Apabila lulus ujian pertama dilanjutkan menyelesaikan sebuah tugas pemrograman seperti pada saat pengambilan SCJD, dan diakhiri dengan sebuah ujian esai. Untuk persiapan mengikuti sertifikasi SCEA Anda dapat mengikuti kursus Architecting and Designing J2EE Applications dan Developing Applications for the J2EE Platform dari Sun.


Contoh Sertifikasi Keahlian Bidang TI kategori Software :


Microsoft .Net

Ada 2 jenis sertifikasi yang ditawarkan oleh Microsoft untuk para developer yaitu :
- Microsoft Certification Application Developer (MCAD) dan
- Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).

Sertifikasi Microsoft Certification Application Developer (MCAD) dibuat oleh Microsoft untuk memberikan respon terhadap kebutuhan industri akan sebuah sertifikasi yang memungkinkan untuk menunjukkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan, memaintain, dan mendeploy aplikasi Web atau desktop berbasis Windows dengan skala kecil sampai menengah. MCAD ditujukan untuk mereka yang lingkup pekerjaannya meliputi pengembangan aplikasi, komponen, atau layanan database dan jaringan berskala kecil sampai menengah pada platform Windows. Untuk lulus dan mendapatkan sertifikasi ini kita harus lulus dua ujian inti dan satu ujian pilihan dalam suatu area spesialisasi (ujian inti: Web Application Development atau Windows Application Development, XML Web Services dan Server Components ;ujian pilihan: melakukan implementasi application security dengan platform Microsoft .Net).


Sertifikasi Microsoft Certified System Developer (MCSD). Sertifikat MCSD merupakan salah satu sertifikat TI dengan reputasi yang dikenal baik di kalangan industri. Dengan mengantongi sertifikat MCSD, seseorang dianggap telah mampu mendemonstrasikan kemampuan yang dibutuhkan untuk memimpin sebuah organisasi dalam proses perancangan, implementasi, dan administrasi dari suatu solusi bisnis dengan menggunakan produk Microsoft. Untuk lulus dan mendapatkan sertifikasi ini kita harus lulus dalam empat ujian inti dan satu ujian pilihan (ujian inti: Web Application Development, Windows Application Development, XML Web Services and Server Components, dan Solution Architecture ;ujian pilihan: implementasi application security dengan platform Microsoft .Net).

Refensi :
https://irmarr.staff.gunadarma.ac.id/
http://rafikaajah.blogspot.com/2011/06/sertifikasi-software-dan-database.html
http://www.fabrian.web.id/2012/04/sertifikasi-yang-harus-gue-dapet.html

Comments:

There are 0 komentar for Sertifikasi Keahlian Bidang Teknologi Informasi untuk Kategori Software

Posting Komentar